Senin, 18 Februari 2019

SAAT DOA TERLAMBAT DIKABULKAN

Aku Merenungkan secara seksama, sebuah fakta yg mencengangkan. Seorang mukmin tertimpa suatu musibah, lalu ia berdoa dan terus berdoa, tapi ternyata keterkabulan tak jua menghampirinya. Saat keputusasaan telah mulai masuk ke jiwanya, ia menoleh ke dalam relung hatinya. Ia pun ridha pada takdirnya dan tak putus asa dari rahmat Allah Azza wa Jalla. Dalam kondisi demikian, biasanya doa akan segera dikabulkam oleh-Nya, karena saat itu iman tengah bercokol dan setan sudah berpamitan.

Dalam kondisi seperti itu pula tingkatan iman tiap-tiap orang bisa dibaca. Allah Azza wa Jalla juga telah mengisyaratkan masalah ini dalam firman-Nya, Hingga berkata Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" (Q.s. al-Baqarah [2] : 214)

Hal yang sama juga terjadi pada Nabi Ya'qub 'alayhis-salam usai kehilangan salah satu putranya. Walau waktu telah berjalan menjauh, ia tetap mengharapkan kepulangannya. Tapi ternyata putranya yang lain justru diambil lagi. Lagi-lagi ia tetap mempertahankan harapannya oada kedermawanan Allah dengan mengatakan, "Mudah-mudahan Allah mendatangkan mereka semuanya kepadaku, (Q.s. Yusuf [12]: 83).

 Doa yang sama dipanjatkan Nabi Zakaria 'alayhis-salam saat tertimpa hal yang sama, "Dan aku belum pernah keceea dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku" (Q.s. Maryam [19]: 4)

Karena itu, jangan sekali-kali menganggap lama terkabulnya doa. Ingatlah demgan sungguh-sungguh bahwa Allah adalah Dzat yang memiliki segalanya. Dia adalah Dzat yang Maha bijaksana dalam mengatur. Dia adalah Dzat yang Maha mengetahui kemaslahatan.

Sadarlah bahwa Dia bermaksud menguji Anda untuk mengetahui isi hati Anda. Dia ingin melihat tindakan merendahkan diri Anda, Dia hendak mengganjar Anda atas kesabaran dan perbuatan-perbuatan baik Anda lainnya.

Dikutip dari Buku SHAID AL-KHATIR
Penulis : Abul Faraj Abdurrahman bin Ali al-Jauzi (Ibnu al-Jauzi)
---------------------------------------

Allah menguji Anda dengan menunda terkabulnya doa Anda agar Anda memerangi was-was Iblis..

0 komentar:

Posting Komentar