Selasa, 05 Januari 2021

Obeng & Spatula

 cara merender

=============

0 => tampilkan view dalam kamera

utk atur objek dalam kamera

klik view lalu centang lock camera to view


=======

klik render utk dapatkan objek yg sudah dibuat

-------

utk percantik objek

klik world (bola dunia)

centang ambient_occlusion & Environment_lighting

(Terlihat lebih terang)

lalu nyalakan multiply pada ambient

(terlihat lebih realistis)

-------

ganti warna

klik kanan objek meja

lalu klik material

klik new lalu beri nama misalnya meja

pilih diffuse utk ganti warna objek

---------------------------

buat objek plane atau alas

buat kursor ke tengah

lalu tekan shift+a lalu pilih plane

tekan s utk membuat lantai jadi lebih besar

---------------

ganti warna lantai dengan pilih material

lalu ganti warna seperti ganti warna pada meja

------

ganti langit pada objek

klik world

lalu pilih horizon color

lalu centang blend sky lalu pilih warna

lalu nilai samples (Gather) mjd 10

------------------

simpan hasil render


===============

Membuat Obeng

download objek gbr

lalu klik outliner

pilih uv image editor


buat silinder lalu ganti jadi

 8 sudut silendernya (pada toolnya)

lalu masuk dalam edit mode


pilih face lalu tarik sumbu z keatas

e-s =>Extrude dan skala


utk copy objek

tekan shift+D lalu klik kanan geser ke samping

klik menu image lalu save as 


Alt+klik kanan utk memilih edge seluruhnya

ctrl+J utk join objek

shift+H utk hiden objek yg tdk terpilih

Alt+H utk Unhidden objek



=======================

==========================


cara buat origin ke tengah pada cube yg

telah digabung agar saat digandakan berputar

dipusat ujung obeng bunga

pilih set origin di tools lalu pilih 

yg origin center to mesh


buat cone

tempatkan pas ditengah obeng ujungnya

atur cone agar menutupi ujung obeng yg telah dipotong

hilangkan alas cone dengan tekan face lalu delete

lalu cone di alt+e (extrude) lalu pilih region vertex normal

lalu modifier cone dengan obeng

pilih diference


lalu berikan warna/material

ada kuning,hitam,abu-abu


====================================


Modeling Spatula:

---------------------

pakai cube utk buat dulu pegangan spatulanya

masuk edit mode

lalu skala utk perkecil

lalu s+Y buat jadi balok

ctrl+r utk membagi pegangan ada yg lebih tebal dan lebih tipis (2x)

lalu pilih face utk perkecil ujung pegangan

lalu tekan skala utk perkecil diujung pegangan

lalu pilih edge utk garis yg telah dibuat dua kali dgn ctrl+r

(pilih garis ctrl+r yg dekat dengan sendok spatulanya dengan tekan alt)


kecilkan ujung/rampingkan spatula yg dipegang tangan

Ctrl+tab pindah dari vertex,edge, face


buat lubang diujung pegangan tangan

seleksi dengan face dulu

lalu E klik kanan lalu s ke arah dalam

S lalu x

lalu detele face

lalu tekan edge

lalu pilih

shift+alt

tekan W

pilih bridge edge loop


ubah view jadi left dan Ortho

lalu E dulu diujung sekop nya

R+G agar bisa terturun kebawah


Pilih Edge lalu Alt+R agar garis penghubung dengan yg bengkok kebawah

edgenya juga ikut agak miring kebawah


klik face lalu klik kanan ujung nya 

lalu ubah view jadi 3 (right)

Tekan E+R+G (utk buat turun spatulanya)


lalu pipihkan dengan klik atasnya


S+X utk lebarkan yg tadi dipipihkan


lalu Ctrl+R lalu S+X kecilkan


utk seleksi tekan C

lalu pilih p utk selection


Ctrl+P lalu pipih Object (Keep Transform) => mirip ctrl+J




0 komentar:

Posting Komentar