cara merender
=============
0 => tampilkan view dalam kamera
utk atur objek dalam kamera
klik view lalu centang lock camera to view
=======
klik render utk dapatkan objek yg sudah dibuat
-------
utk percantik objek
klik world (bola dunia)
centang ambient_occlusion & Environment_lighting
(Terlihat lebih terang)
lalu nyalakan multiply pada ambient
(terlihat lebih realistis)
-------
ganti warna
klik kanan objek meja
lalu klik material
klik new lalu beri nama misalnya meja
pilih diffuse utk ganti warna objek
---------------------------
buat objek plane atau alas
buat kursor ke tengah
lalu tekan shift+a lalu pilih plane
tekan s utk membuat lantai jadi lebih besar
---------------
ganti warna lantai dengan pilih material
lalu ganti warna seperti ganti warna pada meja
------
ganti langit pada objek
klik world
lalu pilih horizon color
lalu centang blend sky lalu pilih warna
lalu nilai samples (Gather) mjd 10
------------------
simpan hasil render
===============
Membuat Obeng
download objek gbr
lalu klik outliner
pilih uv image editor
buat silinder lalu ganti jadi
8 sudut silendernya (pada toolnya)
lalu masuk dalam edit mode
pilih face lalu tarik sumbu z keatas
e-s =>Extrude dan skala
utk copy objek
tekan shift+D lalu klik kanan geser ke samping
klik menu image lalu save as
Alt+klik kanan utk memilih edge seluruhnya
ctrl+J utk join objek
shift+H utk hiden objek yg tdk terpilih
Alt+H utk Unhidden objek
=======================
==========================
cara buat origin ke tengah pada cube yg
telah digabung agar saat digandakan berputar
dipusat ujung obeng bunga
pilih set origin di tools lalu pilih
yg origin center to mesh
buat cone
tempatkan pas ditengah obeng ujungnya
atur cone agar menutupi ujung obeng yg telah dipotong
hilangkan alas cone dengan tekan face lalu delete
lalu cone di alt+e (extrude) lalu pilih region vertex normal
lalu modifier cone dengan obeng
pilih diference
lalu berikan warna/material
ada kuning,hitam,abu-abu
====================================
Modeling Spatula:
---------------------
pakai cube utk buat dulu pegangan spatulanya
masuk edit mode
lalu skala utk perkecil
lalu s+Y buat jadi balok
ctrl+r utk membagi pegangan ada yg lebih tebal dan lebih tipis (2x)
lalu pilih face utk perkecil ujung pegangan
lalu tekan skala utk perkecil diujung pegangan
lalu pilih edge utk garis yg telah dibuat dua kali dgn ctrl+r
(pilih garis ctrl+r yg dekat dengan sendok spatulanya dengan tekan alt)
kecilkan ujung/rampingkan spatula yg dipegang tangan
Ctrl+tab pindah dari vertex,edge, face
buat lubang diujung pegangan tangan
seleksi dengan face dulu
lalu E klik kanan lalu s ke arah dalam
S lalu x
lalu detele face
lalu tekan edge
lalu pilih
shift+alt
tekan W
pilih bridge edge loop
ubah view jadi left dan Ortho
lalu E dulu diujung sekop nya
R+G agar bisa terturun kebawah
Pilih Edge lalu Alt+R agar garis penghubung dengan yg bengkok kebawah
edgenya juga ikut agak miring kebawah
klik face lalu klik kanan ujung nya
lalu ubah view jadi 3 (right)
Tekan E+R+G (utk buat turun spatulanya)
lalu pipihkan dengan klik atasnya
S+X utk lebarkan yg tadi dipipihkan
lalu Ctrl+R lalu S+X kecilkan
utk seleksi tekan C
lalu pilih p utk selection
Ctrl+P lalu pipih Object (Keep Transform) => mirip ctrl+J
0 komentar:
Posting Komentar