Senin, 27 Januari 2020

Ciri-Ciri Guru Jaman Now

Sebelum Penulis masuk dalam cerita panjang lebar dalam artikel kali ini, maka sesuai dengan istilah tak kenal maka tak sayang hehehe........ok kita mulai sekarang ya. Penulis adalah seorang guru di sma swasta Makassar yang bernama SMA GAMALIEL. Penulis mengajar pelajaran TIK, ya dan ini merupakan pelajaran TIK ditahun terakhir di SMA karena tahun ajaran baru semuanya udah K13.

Ok, sekarang penulis mau bercerita mengenai beberapa ciri-ciri guru jaman now:

1. Guru Jaman Now Jangan Gaptek alias gagap Teknologi

iya karena sekarang semuanya berbasis teknologi, segala hal semuanya dapat dikendalikan hanya lewat jari telunjuk saja. Mau makan tinggal pesan via online, mau beli barang via online, mau nonton via online, sedikit-dikit semuanya via online. Dan Online itu semuanya berbasis teknologi. Apalagi dengan era sekarang ini merupakan era revolusi industri 4.0 dan sebentar lagi tak menutup kemungkinan akan menuju era 5.0. Selain itu dengan teknologi banyak pekerjaan yang hilang. Seperti pada berita dari cnbcindonesia dan berita dari kompasiana yang memberitakan efek dari era kemajuan teknologi yang begitu pesatnya. Banyak tenaga-tenaga robot yang akan menggantikan tenaga manusia.



Revolusi industri 4.0
Robot vs Manusia

Artificial Intelegensia
Kecerdasan Buatan


2. Guru Jaman Now harus aktif dalam IGI

Selain itu diera sekarang ini guru harus lebih aktif, jangan pasif. Karena untuk berkembang kita membutuhkan relasi. Dan Relasi bisa terbangun dengan mengikuti suatu kegiatan. Kegiatan yang menurut penulis sangat bermanfaat adalah kegiata IGI (Ikatan Guru Indonesia). Awal mula penulis mengira kegiatan IGI hanya abal-abal atau ikut-ikutan seperti yang lainnya. Tapi ternyata beda kegiatan IGI lebih terstuktur dan lebih inovasi serta kreatif. Guru-guru diberikan kesempatan untuk bisa berkembang dengan pesatnya dalam pengetahuan baik teori maupun prakteknya. selain itu juga menjadi wadah untuk memperluas pertemanan diseluruh Indonesia.

Ikatan Guru Indonesia
Ikatan Guru Indonesia

3. Guru Jaman Now Baiknya ilmunya selalu uptodate dengan perkembangan zaman

Guru sekarang selain aktif dalam suatu kegiatan juga harus dapat selalu uptodate ilmunya. Jangan hanya ikut kegiatan tapi ilmu tidak mengikuti zaman sekarang. Puji Tuhan menurut penulis dengan adanya IGI, semua wadah kegiatan untuk ilmu yang lebih teruptodate disediakan. Tinggal apakah guru-guru mau mengikutinya dengan sungguh-sunggu dan niat. Iya niatkan ini demi kemajuan anak bangsa yang dididiknya. Salah satu contoh adalah kegiatan yang bernama SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog)



0 komentar:

Posting Komentar