Senin, 13 Januari 2020

[Anti Lupa] Beda Alat, Bahan, dan Media pembelajaran

Alat, bahan dan media pembelajaran memiliki peran dan fungsi yang berbeda, kadang kita merasa ketiganya merupakan hal yang sama. Untuk itulah sebaiknya kita kenal yang mana namanya alat pembelajaran, yang mana bahan pembelajaran dan yang mana media pembelajaran. sebelum saya lanjut, bagi yang sudah paham silahkan pilih artikel saya yang lainnya tetapi bagi yang belum saya persilahkan untuk membaca kelanjutannya.
1. Infokus
2. Mistar
3. air mineral
4. RPP dan Silabus
5. Gelas kimia
Dari kelima contoh di atas yang manakah alat, bahan dan media pembelajaran? Simak pengertian sederhananya berikut:
1. Alat pembelajaran adalah yang digunakan oleh siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.
2. Media pembelajaran adalah yang digunakan oleh guru dalam memudahkan penyampaian materi yang diajarkan
3. Bahan pembelajaran adalah sesuatu yang habis terpakai selama pembelajaran berlangsung oleh siswa
Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat ditentukan bahwa Infokus adalah media pembelajaran, mistar dan gelas kimia adalah alat pembelajaran, air mineral adalah bahan pembelajaran, sedangkan RPP dan Silabus adalah perangkat pembelajaran.
Dalam menyusun RPP, apabila KI dan KD yang diajarkan tidak membutuhkan bahan dan alat pembelajaran maka jangan di uraikan ke dalam RPP, jika yang digunakan hanya alat maka cukup uraikan alat pembelajaran saja dan tidak perlu ada bahan jangan sampai dalam menyusun RPP kita juga menulis point misalnya “Alat dan Bahan “ padahal yang ada hanya alat tetapi tidak ada bahan, kalau dalam menyampaikan materi harus menggunakan media maka di RPP harus pula diuraikan Media Pembelajarannya.

0 komentar:

Posting Komentar