Kamis, 12 September 2019

VCT Batch 5, Blog Review rumahbelajar.id (1. Buku : Buku Pelajaran TIK kelas XI Semester 2)


Judul : Buku Pelajaran TIK kelas XI Semester 2
Pengarang : Onno W Purbo
Editor : Eko Sujatmiko
LayOut : Antonius fran Setiawan
Lembaga Penerbit : Kemendikbud
ISBN : 979-630-065-5


Ringkasan:Buku Pelajaran TIK utk kelas XI semester 2 merupakan buku yang membahas mengenai aplikasi pengolah angka. Aplikasi yang dipakai merupakan aplikasi yang mengangkat semangat IGO (Indonesian Go OPenSource). Dimana
dengan semangat ini mengajarkan kepada peserta didik agar lebih menghargai kekayaan Intelektual. Selain itu materi yang dibahas, dijelaskan secara detail dan tidak rumit sehingg bisa dikuti dan dipelajari oleh semua orang.

Pembahasan dimulai dari pengenalan aplikasi calc seperti cara membuka aplikasi calc di sistem operasi Ubuntu. Pengenalan bagian bagian layout aplikasi calc. Lalu dilanjutkan dengan pengenalan sheet pada calc lalu operator matematika. Setelah itu dilanjutkan dengan fungsi-fungsi statistik dan fungsi matematika.

Setelah itu masuk dalam tahap pembahasan yang lebih rumit seperti pembahasan fungsi if dan hlookup dan vlookup. Lalu pembahasan basis data dan yang terakhir pembahasan mengenai membuat grafik pada calc.

Setiap selesai pembahasan selalu disertai dengan rangkuman materi shg siswa menjadi lebih paham dengan inti materinya. Lalu setiap akhir rangkuman buku ini selalui menyertai latihan atau evaluasi.

  
Kelebihan : Buku ini mengajarkan materi TIK tanpa melanggar hak cipta, karena semua aplikasi yang dipakai adalah free dan diajarkan secara gamblang dan mudah dimengerti oleh pembacanya.
Selain itu dari segi tampilannya atau isi buku ini sangat menarik dengan warna yang cerah, tulisan yang mudah dibaca dan gambar-gambar yang menarik pula sehingga hanya melihat tampilannya maka pembaca pun akan merasa ingin untuk membacanya. Pembahasan fungsi-fungsi rumus dijelaskan cukup menarik dan mudah dipahami sehingga para pembaca akan memahami maksudnya hanya dengan sekali baca.

Kekurangan : Buku ini perlu diupdate materinya, karena materi yg dipakai masih merupakan aplikasi openoffice yang lambat perkembangan versi aplikasinya dikarenakan ada perpecahan yang terjadi pada komunitasnya.

Saran : Baiknya materi aplikasi ini dibahas mengenai libreoffice yang meupakan penerus openoffice yang sangat pesat perkembangan versinya. Dan disertai dengan latihan yang lebih kompleks atau latihan yang pengkombinasikan berbagai fungsi-fungsi yang ada dalam soal evaluasinya.



Text To Speech



Speech To Text

0 komentar:

Posting Komentar