Senin, 16 Juli 2018

Kurikulum 2013

Tahun ajaran baru ini (Tahun ajaran 2018-2019) resmi berlaku di SMA GAMALIEL, setelah sebelumnya dari tahun 2014 sempat tarik ulur diberlakukan selama 1 semester dan akhirnya dibatalkan setelah masuk semester kedua dan kembali ke kurikulum KTSP. Dimana dalam kurikulum 2013 ini mata pelajaran TIK dihilangkan dalam mata pelajaran wajib. iy benar pembaca tidak salah membacanya. Mata Pelajaran TIK (komputer) sudah tidak ada dalam kurikulum 2013, akibatnya guru-guru yang mengajar mata Pelajaran TIK diseluruh Indonesia banyak yang beralih ke mata pelajaran lain atau benar-benar tidak mengajar TIK lagi.


Mata Pelajaran TIK dikurikulum 2013 dijadikan atau setara dengan BK (bimbingan Konseling) TIK. Artinya tidak wajib diadakan di sekolah, karena hanya sebagai BK TIK, dimana fungsi dari BK TIK, hanya membimbing siswa-siswi yang mengalami kesulitan atau kurang paham dengan mata pelajaran yang berhubungan dengan komputer. 

Ini juga yang dialami penulis, jam ngajar penulis jadi berkurang. penulis untuk tahun ajaran baru ini hanya mengajar komputer atau TIK hanya untuk kelas XI dan XII aja dikarenakan karena masih memakai kurikulum lama atau KTSP. Sedangkan disekolah negeri yang malahan mata pelajaran TIK atau komputer sudah tidak ada lagi yang diajarkan karena semua angkatan kelas X, XI dan XII sudah resmi semuanya menggunakan kurikulum 2013.

Ya jujur penulis juga sedih dan bingung dengan kurikulum baru ini. Penulis hanya bisa pasrah dan berdoa aja semoga kedepannya TIK bisa kembali dimasukkan dalam kurikulum baru sebagai mata pelajaran inti. AMIN

0 komentar:

Posting Komentar