Sabtu, 13 Desember 2014
Kurikulum 2013.......
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
:
SMA Kristen Gamaliel Makassar
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
:
:
X
Prakarya
Materi Pokok
:
Produk Kerajinan Tekstil dan Pengemasannya
Alokasi Waktu
:
4 x 45 menit
A
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam Menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia .
3. Memahami, menerapkan, Menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang imu pengetahuan, Teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan Kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah .
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan perkembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan .
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
:
SMA Kristen Gamaliel Makassar
Kelas / Semester
Mata Pelajaran
:
:
X
Prakarya
Materi Pokok
:
Produk Kerajinan Tekstil dan Pengemasannya
Alokasi Waktu
:
4 x 45 menit
A
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam Menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia .
3. Memahami, menerapkan, Menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang imu pengetahuan, Teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan Kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah .
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan perkembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan .
B
Kompetensi Dasar dan Indikator
KD KI – 1 (Sikap Spiritual)
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam Prakarya .
Indikator:
a) Dapat mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam Prakarya.
KD KI – 2 (Sikap Sosial)
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran Prakarya.
Indikator:
2.1.1 Dapat menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran Prakarya.
KD KI – 3.1 (Pengetahuan)
3.1. Mengidentifikasi desain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
Indikator:
3.1.1. Dapat memahami kerajinan limbah tekstil & desain dgn berbagai teknik
3.1.2. Dapat memahami Aneka karya kerajinan limbah tekstil.
3.1.3. Dapat memahami Fungsi karya kerajinan limbah tekstil.
3.1.4. Dapat memahami Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan limbah tekstil.
3.1.5. Dapat Memahami Motif ragam hias pada kerajinan limbah tekstil.
3.1.6. Dapat Memahami Teknik pembuatan benda kerajinan limbah tekstil.
3.1.7. Dapat Memahami Pengemasan karya kerajinan limbah tekstil.
3.1.8. Dapat Memahami Desain dan pengemasan produk limbah tekstil.
KD KI – 4.1 (Keterampilan)
4.1 Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat an lainnya.
4.1.1. Dapat Membuat Motif ragam hias pada kerajinan limbah tekstil.
4.1.2. Dapat Membuat suatu benda kerajinan limbah tekstil.
4.1.3. Dapat membuat kemasan karya kerajinan limbah tekstil.
4.1.4. Dapat Mengemas kemasan karya kerajinan limbah tekstil.
4.1.5. Dapat Mempresentasikan hasil karya kerajinan limbah tekstilnyaUmum
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam Prakarya.
2. Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran Prakarya.
3. Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat menjelaskan Pengertian Kerajinan limbah tekstil.
4. Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat menjelaskan Aneka karya kerajinan limbah tekstil.
5. Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat menjelaskan Fungsi dari karya kerajinan limbah tekstil.
6. Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat menjelaskan Unsur estetika dan ergonomis dalam karya kerajinan limbah tekstil.
7. Melalui praktik, peserta didik dapat Mendesain motif ragam hias pada karya kerajinan tekstil.
8. Melalui praktik, peserta didik dapat Membuat suatu karya kerajinan limbah tekstil.
9. Melalui praktik, peserta didik dapat Membuat kemasan karya kerajinan limbah tekstil.
10. Melalui Praktik, peserta didik dapat mengemas karya kerajinan limbah tekstilnya
11. Melalui presentasi, peserta didik dapat mengkomunikasikan karya kerajinan limbah tekstilnya.
D
Materi Pembelajaran
1. Pengertian kerajinan limbah tekstil dan desain dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, makrame,tenun, tapestry, dll).
2. Aneka karya kerajinan limbah tekstil.
3. Fungsi karya kerajinan limbah tekstil.
4. Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan limbah tekstil.
5. Motif ragam hias pada kerajinan limbah tekstil.
6. Teknik pembuatan benda kerajinan limbah tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat celup, batik,makrame, tenun,tapestry, dll).
7. Pengemasan karya kerajinan tekstil.
8. Desain dan pengemasan produk limbah tekstil.
E.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Scientific (Ilmiah)
2. Model : Discovery Learning
3. Metode: Diskusi, penugasan, presentasi, ceramah.
F
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Buku, internet
2. Alat/Bahan : LCD Proyektor
3. SumberBelajar :
a. Buku : Prakarya untuk SMA Kelas X
b. Internet :www.youtube.com, www.google.com
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Peserta didik berdoa/ menjawab salam bersama-sama.
2. Peserta didik memperoleh apersepsi dari guru berkaitan dengan pengertian Kerajinan limbah tekstil Secara Umum.
3. Peserta didik memperoleh motivasi dari guru berkaitan dengan Kerajinan limbah tekstl.
4. Peserta didik mendapatkan informasi dari guru tentang KD, tujuan, dan scenario pembelajaran
5. Peserta didik membentuk kelompok belajar yang beranggotakan 4-5 orang
15 menit
Inti
Mengamati
1. Peserta didik menonton Slide tentang Karya-karya kerajinan limbah tekstil.
Menanya
2. Peserta didik menyusun pertanyaan berdasarkan isi Slide tersebut.
Mengumpulkan
3. Peserta didik mengidentifikasi isi atau inti Slide (identifikasi masalah)
Menanya
4. Peserta didik menyusun pertanyaan berdasarkan identifikasi masalah (rumusan masalah)
5. Peserta didik menyusun jawaban sementara atas pertanyaan-pertanyaan dalam rumusan masalah.
Mengumpulkan informasi
6. Peserta didik mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya jawaban.
Mengeksplorasi
7. Peserta didik Mendiskusikan pengertian Kerajinan limbah tekstil.
8. Peserta didik Mendiskusikan Aneka macam karya kerajinan limbah tekstil.
9. Peserta didik Mendiskusikan Fungsi dari karya kerajinan limbah tekstil.
10. Peserta didik mendiskusikan unsur-unsur estetika dan ergonomi karya kerajinan limbah tekstil.
11. Peserta didik mendiskusikan cara mendesain dan membuat Karya kerajinan limbah tekstil.
Mengasosiasi (menalar)
12. Peserta didik melakukan analisis data, menentukan hubungan, dan menafsirkannya.
13. Peserta didik melakukan verifikasi data untuk membuktikan benar tidaknya jawaban.
14. Peserta didik merumuskan simpulan hasil diskusi untuk menyempurnakan jawaban.
Mengkomunikasikan
15. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi.
16. Peserta didik (kelompok) menentukan kesimpulan akhir jawaban dan dokumentasi akhir.
60 menit
Kegiatan Penutup
1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3. Peserta didik mendapatkan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
4. Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
5. Peserta didik memperoleh apresiasi dari guru.
15 menit
.
H. Penilaian
1. Jenis/ Teknik Penilaian
a. Penilaian Pengetahuan: Tes Tulis
b. Penilaian Keterampilan: Tes Praktik
c. Penilaian Sikap : Observasi
2. Bentuk Instrumen dan Instrumen
a. Bentuk Instrumen: Tes Tulis (Uraian)
Instrumen:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar!
1) Apa yang dimaksud dengan Kerajinan limbah tekstil!
2) Tuliskan Contoh-Contoh Aneka Karya Kerajinan limbah tekstil!
3) Fungsi Karya Kerajinan limbah tekstil!
4) Tuliskan unsur-unsur estetika dan Ergonomi pada Karya kerajinan limbah tekstil!
b. Bentuk Instrumen: Tes Praktik (Skala Penilaian/ Daftar Cek)
Instrumen:
Praktek secara
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil penilaian terhadap praktik pengamatan
No.
Nama Siswa
Tanggung Jawab
Integritas
Objektivitas
Kemahiran
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
c. Bentuk Instrumen: Observasi (Skala Penilaian/ Daftar Cek)
Instrumen:
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan!
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
BT
MT
MK
MB
BT
MT
MK
MB
BT
MT
MK
MB
BT
MT
MK
MB
1
2
3. Pedoman Penskoran
a. Pedoman Penskoran (Pengetahuan)
Kunci Jawaban
1) mendaur ulang atau membuat sesuatu yang lebih berguna dari limbah tekstil yang sudah tidak terpakai. Atau berusaha memberi nilai tambah dari barang barang sisa / residu tekstil, seperti kita ketahui banyak kain perca yang tidak dipakai bisa dibuat sebagai keset atau pernak pernik serbet.
2) Gantungan Kunci, Boneka, hiasan gantung, dll.
3) Untuk mengurangi jumlah limbah selain itu dapa menghasilkan uang dengan bahan baku yang sanga murah atau bisa menyelamatkan bumi dari bahaya limbah tekstil .
4) Unsur estetika sering kita kenal dengan istilah keindahan. Dan Keindahan adalah nilai-nilai estetis yang menyertai sebuah karya seni. Jadi Unsur-unsur estetika adalah kesatuan (unity), keselarasan (harmoni), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast) sehingga menimbulkan perasaan haru, nyaman, nikmat, bahagia, agung, ataupun rasa senang.
Sedangkan kalau Ergonomi, karya kerajinan selalu dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaannya. Jadi Unsur-Unsur Ergonominya adalah Keamanan (security) yaitu jaminan tentang keamanan orang menggunakan produk kerajinan tersebut, Kenyamanan (comfortable) yaitu kenyamanan apabila produk kerajinan tersebut digunakan, Keluwesan (flexibility) yaitu keluwesan penggunaan atau tidak sulit dalam penggunaannya.
Rubrik Penilaian
1) Tes Tulis Uraian (Pengetahuan)
Soal nomor 1 dijawab benar skor maksimal 25
Soal nomor 2 dijawab benar skor maksimal 20
Soal nomor 3 dijawab lengkap skor maksimal 25
Soal nomor 4 dijawab lengkap skor maksimal 30
b. Pedoman Penskoran (Keterampilan)
NO.
ASPEK ETIKA PROFESI
KRITERIA PENILAIAN
SKOR
1.
Tanggung jawab
Kurang bertanggung jawab
Cukup bertanggung jawab
Bertanggung jawab
Sangat bertanggung jawab
10
20
30
40
2.
Integritas
Kurang berintegritas
Cukup berintegritas
Berintegritas
Sangat berintegritas
10
20
30
40
3.
Objektivitas
Kurang objektif
Cukup objektif
Objektif
Sangat objektif
10
20
30
40
4.
Kemahiran
Kurang mahir
Cukup mahir
Mahir
Sangat mahir
10
20
30
40
c. Pedoman Penskoran (Sikap)
NO.
ASPEK
KRITERIA PENILAIAN
SKOR
1.
Religius
Sikap dan perilaku religius sudah membudaya
Sikap dan perilaku religius mulai berkembang
Sikap dan perilaku religius mulai tampak
Sikap dan perilaku religius belum tampak
40
30
20
10
2.
Jujur
Sikap dan perilaku jujur sudah membudaya
Sikap dan perilaku jujur mulai berkembang
Sikap dan perilaku jujur mulai tampak
Sikap dan perilaku jujur belum tampak
40
30
20
10
3.
Disiplin
Sikap dan perilaku disiplin sudah membudaya
Sikap dan perilaku disiplin mulai berkembang
Sikap dan perilaku disiplin mulai tampak
Sikap dan perilaku disiplin belum tampak
40
30
20
10
4.
Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku tanggung jawab sudah membudaya
Sikap dan perilaku tanggung jawab mulai berkembang
Sikap dan perilaku tanggung jawab mulai tampak
Sikap dan perilaku tanggung jawab belum tampak
40
30
20
10
Mengetahui Diverifikasi Makassar, 20 November 2014
Kepala Sekolah WakaSek Guru Mapel
Elfraent Lamorahan, SP Animo Padele, S.E Ardi, S.Kom
B
Kompetensi Dasar dan Indikator
KD KI – 1 (Sikap Spiritual)
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam Prakarya .
Indikator:
a) Dapat mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam Prakarya.
KD KI – 2 (Sikap Sosial)
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran Prakarya.
Indikator:
2.1.1 Dapat menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran Prakarya.
KD KI – 3.1 (Pengetahuan)
3.1. Mengidentifikasi desain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
Indikator:
3.1.1. Dapat memahami kerajinan limbah tekstil & desain dgn berbagai teknik
3.1.2. Dapat memahami Aneka karya kerajinan limbah tekstil.
3.1.3. Dapat memahami Fungsi karya kerajinan limbah tekstil.
3.1.4. Dapat memahami Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan limbah tekstil.
3.1.5. Dapat Memahami Motif ragam hias pada kerajinan limbah tekstil.
3.1.6. Dapat Memahami Teknik pembuatan benda kerajinan limbah tekstil.
3.1.7. Dapat Memahami Pengemasan karya kerajinan limbah tekstil.
3.1.8. Dapat Memahami Desain dan pengemasan produk limbah tekstil.
KD KI – 4.1 (Keterampilan)
4.1 Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat an lainnya.
4.1.1. Dapat Membuat Motif ragam hias pada kerajinan limbah tekstil.
4.1.2. Dapat Membuat suatu benda kerajinan limbah tekstil.
4.1.3. Dapat membuat kemasan karya kerajinan limbah tekstil.
4.1.4. Dapat Mengemas kemasan karya kerajinan limbah tekstil.
4.1.5. Dapat Mempresentasikan hasil karya kerajinan limbah tekstilnyaUmum
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa atas keteraturan yang salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam Prakarya.
2. Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran Prakarya.
3. Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat menjelaskan Pengertian Kerajinan limbah tekstil.
4. Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat menjelaskan Aneka karya kerajinan limbah tekstil.
5. Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat menjelaskan Fungsi dari karya kerajinan limbah tekstil.
6. Melalui membaca, mendiskusikan, dan mempresentasikan, peserta didik dapat menjelaskan Unsur estetika dan ergonomis dalam karya kerajinan limbah tekstil.
7. Melalui praktik, peserta didik dapat Mendesain motif ragam hias pada karya kerajinan tekstil.
8. Melalui praktik, peserta didik dapat Membuat suatu karya kerajinan limbah tekstil.
9. Melalui praktik, peserta didik dapat Membuat kemasan karya kerajinan limbah tekstil.
10. Melalui Praktik, peserta didik dapat mengemas karya kerajinan limbah tekstilnya
11. Melalui presentasi, peserta didik dapat mengkomunikasikan karya kerajinan limbah tekstilnya.
D
Materi Pembelajaran
1. Pengertian kerajinan limbah tekstil dan desain dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, makrame,tenun, tapestry, dll).
2. Aneka karya kerajinan limbah tekstil.
3. Fungsi karya kerajinan limbah tekstil.
4. Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan limbah tekstil.
5. Motif ragam hias pada kerajinan limbah tekstil.
6. Teknik pembuatan benda kerajinan limbah tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat celup, batik,makrame, tenun,tapestry, dll).
7. Pengemasan karya kerajinan tekstil.
8. Desain dan pengemasan produk limbah tekstil.
E.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Scientific (Ilmiah)
2. Model : Discovery Learning
3. Metode: Diskusi, penugasan, presentasi, ceramah.
F
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Buku, internet
2. Alat/Bahan : LCD Proyektor
3. SumberBelajar :
a. Buku : Prakarya untuk SMA Kelas X
b. Internet :www.youtube.com, www.google.com
G. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Peserta didik berdoa/ menjawab salam bersama-sama.
2. Peserta didik memperoleh apersepsi dari guru berkaitan dengan pengertian Kerajinan limbah tekstil Secara Umum.
3. Peserta didik memperoleh motivasi dari guru berkaitan dengan Kerajinan limbah tekstl.
4. Peserta didik mendapatkan informasi dari guru tentang KD, tujuan, dan scenario pembelajaran
5. Peserta didik membentuk kelompok belajar yang beranggotakan 4-5 orang
15 menit
Inti
Mengamati
1. Peserta didik menonton Slide tentang Karya-karya kerajinan limbah tekstil.
Menanya
2. Peserta didik menyusun pertanyaan berdasarkan isi Slide tersebut.
Mengumpulkan
3. Peserta didik mengidentifikasi isi atau inti Slide (identifikasi masalah)
Menanya
4. Peserta didik menyusun pertanyaan berdasarkan identifikasi masalah (rumusan masalah)
5. Peserta didik menyusun jawaban sementara atas pertanyaan-pertanyaan dalam rumusan masalah.
Mengumpulkan informasi
6. Peserta didik mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya jawaban.
Mengeksplorasi
7. Peserta didik Mendiskusikan pengertian Kerajinan limbah tekstil.
8. Peserta didik Mendiskusikan Aneka macam karya kerajinan limbah tekstil.
9. Peserta didik Mendiskusikan Fungsi dari karya kerajinan limbah tekstil.
10. Peserta didik mendiskusikan unsur-unsur estetika dan ergonomi karya kerajinan limbah tekstil.
11. Peserta didik mendiskusikan cara mendesain dan membuat Karya kerajinan limbah tekstil.
Mengasosiasi (menalar)
12. Peserta didik melakukan analisis data, menentukan hubungan, dan menafsirkannya.
13. Peserta didik melakukan verifikasi data untuk membuktikan benar tidaknya jawaban.
14. Peserta didik merumuskan simpulan hasil diskusi untuk menyempurnakan jawaban.
Mengkomunikasikan
15. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi.
16. Peserta didik (kelompok) menentukan kesimpulan akhir jawaban dan dokumentasi akhir.
60 menit
Kegiatan Penutup
1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3. Peserta didik mendapatkan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
4. Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
5. Peserta didik memperoleh apresiasi dari guru.
15 menit
.
H. Penilaian
1. Jenis/ Teknik Penilaian
a. Penilaian Pengetahuan: Tes Tulis
b. Penilaian Keterampilan: Tes Praktik
c. Penilaian Sikap : Observasi
2. Bentuk Instrumen dan Instrumen
a. Bentuk Instrumen: Tes Tulis (Uraian)
Instrumen:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar!
1) Apa yang dimaksud dengan Kerajinan limbah tekstil!
2) Tuliskan Contoh-Contoh Aneka Karya Kerajinan limbah tekstil!
3) Fungsi Karya Kerajinan limbah tekstil!
4) Tuliskan unsur-unsur estetika dan Ergonomi pada Karya kerajinan limbah tekstil!
b. Bentuk Instrumen: Tes Praktik (Skala Penilaian/ Daftar Cek)
Instrumen:
Praktek secara
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil penilaian terhadap praktik pengamatan
No.
Nama Siswa
Tanggung Jawab
Integritas
Objektivitas
Kemahiran
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
c. Bentuk Instrumen: Observasi (Skala Penilaian/ Daftar Cek)
Instrumen:
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan!
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
BT
MT
MK
MB
BT
MT
MK
MB
BT
MT
MK
MB
BT
MT
MK
MB
1
2
3. Pedoman Penskoran
a. Pedoman Penskoran (Pengetahuan)
Kunci Jawaban
1) mendaur ulang atau membuat sesuatu yang lebih berguna dari limbah tekstil yang sudah tidak terpakai. Atau berusaha memberi nilai tambah dari barang barang sisa / residu tekstil, seperti kita ketahui banyak kain perca yang tidak dipakai bisa dibuat sebagai keset atau pernak pernik serbet.
2) Gantungan Kunci, Boneka, hiasan gantung, dll.
3) Untuk mengurangi jumlah limbah selain itu dapa menghasilkan uang dengan bahan baku yang sanga murah atau bisa menyelamatkan bumi dari bahaya limbah tekstil .
4) Unsur estetika sering kita kenal dengan istilah keindahan. Dan Keindahan adalah nilai-nilai estetis yang menyertai sebuah karya seni. Jadi Unsur-unsur estetika adalah kesatuan (unity), keselarasan (harmoni), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast) sehingga menimbulkan perasaan haru, nyaman, nikmat, bahagia, agung, ataupun rasa senang.
Sedangkan kalau Ergonomi, karya kerajinan selalu dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaannya. Jadi Unsur-Unsur Ergonominya adalah Keamanan (security) yaitu jaminan tentang keamanan orang menggunakan produk kerajinan tersebut, Kenyamanan (comfortable) yaitu kenyamanan apabila produk kerajinan tersebut digunakan, Keluwesan (flexibility) yaitu keluwesan penggunaan atau tidak sulit dalam penggunaannya.
Rubrik Penilaian
1) Tes Tulis Uraian (Pengetahuan)
Soal nomor 1 dijawab benar skor maksimal 25
Soal nomor 2 dijawab benar skor maksimal 20
Soal nomor 3 dijawab lengkap skor maksimal 25
Soal nomor 4 dijawab lengkap skor maksimal 30
b. Pedoman Penskoran (Keterampilan)
NO.
ASPEK ETIKA PROFESI
KRITERIA PENILAIAN
SKOR
1.
Tanggung jawab
Kurang bertanggung jawab
Cukup bertanggung jawab
Bertanggung jawab
Sangat bertanggung jawab
10
20
30
40
2.
Integritas
Kurang berintegritas
Cukup berintegritas
Berintegritas
Sangat berintegritas
10
20
30
40
3.
Objektivitas
Kurang objektif
Cukup objektif
Objektif
Sangat objektif
10
20
30
40
4.
Kemahiran
Kurang mahir
Cukup mahir
Mahir
Sangat mahir
10
20
30
40
c. Pedoman Penskoran (Sikap)
NO.
ASPEK
KRITERIA PENILAIAN
SKOR
1.
Religius
Sikap dan perilaku religius sudah membudaya
Sikap dan perilaku religius mulai berkembang
Sikap dan perilaku religius mulai tampak
Sikap dan perilaku religius belum tampak
40
30
20
10
2.
Jujur
Sikap dan perilaku jujur sudah membudaya
Sikap dan perilaku jujur mulai berkembang
Sikap dan perilaku jujur mulai tampak
Sikap dan perilaku jujur belum tampak
40
30
20
10
3.
Disiplin
Sikap dan perilaku disiplin sudah membudaya
Sikap dan perilaku disiplin mulai berkembang
Sikap dan perilaku disiplin mulai tampak
Sikap dan perilaku disiplin belum tampak
40
30
20
10
4.
Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku tanggung jawab sudah membudaya
Sikap dan perilaku tanggung jawab mulai berkembang
Sikap dan perilaku tanggung jawab mulai tampak
Sikap dan perilaku tanggung jawab belum tampak
40
30
20
10
Mengetahui Diverifikasi Makassar, 20 November 2014
Kepala Sekolah WakaSek Guru Mapel
Elfraent Lamorahan, SP Animo Padele, S.E Ardi, S.Kom
1 komentar:
gan nitip ya.
Software POS Terbaik di Indonesia
Di Asus : Aplikasi Kasir Online Omegasoft
Omegasoft Luncurkan Aplikasi Kasir Online
Kacamata Berkualitas Optik Tunggal dan Pelayanan Terbaiknya
PENGERTIAN HOSTING
Pengertian Aplikasi
Pilihan Kacamata Berkualitas dan Pelayanan Terbaik di Optik Tunggal SEO Blog Kontes 2018
Rekomendasi Hosting murah dan terbaik untuk Blogger Indonesia SEO Blog Kontes 2018
Aplikasi Kasir Online Omegasoft SEO Blog Kontes 2018
Spex Symbol X2 Fashion Sunglasses JS4009-03A-M117 Biru
Posting Komentar